Jinhae Gunhangje, Festival Bunga Sakura Terbesar di Korea

Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan bunga Sakura? Warna kelopak putih atau pink dengan tangkai yang tumbuh untuk mengisi setiap cabang pohon mampu mengalihkan setiap penglihatan. Momen mekar yang bertahan hanya satu minggu setiap tahunnya, membuat bunga Sakura menjadi tujuan musim semi eksklusif.

Tidak mudah memprediksi kapan bunga Sakura akan mekar setiap tahun. Begitu juga dengan perencanaan perjalanan musim semi untuk mendapatkan momen langka ini. Bunga sakura mulai mekar saat suhu udara mulai memanas setelah musim dingin selesai. Di Korea, setiap daerah akan berbeda. Dari selatan ke utara, wilayah selatan sekitar Busan akan mendapatkan bunga sakura mekar pertama dari akhir Maret, sementara utara Seoul pasti akan lebih lambat sekitar pertengahan April.

Saya merencanakan perjalanan ke Korea tiga bulan sebelum keberangkatan, sebenarnya tidak sengaja untuk menangkap momen bunga Sakura tapi karena promo tiket pesawat waktu itu. Hehehe. Setelah berkeliling untuk mengumpulkan informasi untuk menyusun rencana perjalanan, saya menyadari bahwa tanggal perjalanan saya bertepatan dengan musim semi. Musim semi adalah musim yang identik dengan bunga Sakura. Sayangnya jadwal perjalanan saya di akhir Maret hingga awal April terlalu dini untuk melihat bunga Sakura di Seoul. Tapi untungnya masih bisa menangkap Sakura Flower Festival di Jinhae.

Jalan-jalan Jinhae penuh dengan pepohonan Sakura yang mekar penuh

Sekitar satu jam naik bus dari Busan, Jinhae adalah rumah bagi Akademi Angkatan Laut Korea Selatan. Jinhae juga terkenal sebagai ‘rumah’ untuk Festival Bunga Sakura terbesar di Korea. Jinhae Gunhangje Cherry Blossom Festival berlangsung lebih awal dari festival kota lainnya, yang sekitar awal April karena udara di Jinhae relatif lebih hangat daripada di Seoul. Tahun ini, festival ini berlangsung dari tanggal 1 sampai 10 April.

Jinhae adalah sebuah distrik di kota Changwon, provinsi Gyeongsangnam, bagian selatan Korea. Saya melakukan perjalanan satu hari dari Seoul dengan kereta cepat ke Busan dan dilanjutkan dengan bus ke Jinhae dan juga sebaliknya. Dan saya bersyukur bahwa perjalanan saya terbayar dengan keindahan ribuan bunga sakura pada puncak mekar. Bahkan sejak tiba di Busan, bunga Sakura menghiasi jalan-jalan di jalanan, sampai di sepanjang perjalanan bus ke Jinhae. Diperkirakan ada sekitar 340.000 pohon ceri yang menghiasi Jinhae.

Pemandangan spektakuler bunga Sakura bisa dilihat di sepanjang jalan, sejauh mata memandang. Jadilah payung hidup atau kanopi sambil berjalan di sepanjang trotoar Jinhae. Kelopak bunga yang jatuh bertiup di angin musim semi yang sejuk membuat suasananya semakin romantis. Percayalah, cantik sekali, bunga sakura ada dimana-mana!

Saya datang ke Jinhae pada tanggal 2 April, sehari setelah festival dibuka secara resmi. Untungnya, itu bertepatan dengan puncak bunga Sakura yang mekar. Sayangnya, karena akhir pekan pas juga jadi jumlah pengunjung yang sedang booming membuat sulit mencari spot untuk berfoto tanpa keramaian orang.

Ada dua tempat yang paling direkomendasikan untuk melihat garis pohon Sakura yang indah yaitu di sungai Yeojwacheon dan stasiun kereta Gyeonghwa. Jarak antara keduanya cukup jauh, jadi saya lebih memilih pergi ke aliran Yeojwacheon karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari terminal bus Jinhae. Seandainya hanya waktu yang cukup, saya pasti tidak akan melewatkan keduanya.

Festival Kuliner

Festival Cherry Blossom Jinhae tidak hanya tentang menikmati bunga Sakura yang indah, tapi juga menikmati beragam kuliner Korea. Ada banyak stand makanan yang menjual makanan jalanan khas Korea yang sangat disayangkan.

Transportasi ke Jinhae dari Seoul

Ada dua alternatif transportasi untuk sampai ke Jinhae dari Seoul, baik untuk perjalanan satu hari atau yang ingin mampir ke Busan. Semua tergantung pada waktu perjalanan dan alokasi anggaran.

Pertama, bisa menggunakan Bus Intercity ke Jinhae berangkat dari Terminal Bus Nambu Seoul. Waktu tempuh sekitar 4 – 5 jam. Kedua, dengan rute kereta cepat KTX Seoul – Busan dengan waktu tempuh 2, 5 jam dan dilanjutkan dengan bus dari Seobu Bus Termi.

Sumber : https://rosnahindarti.com/2016/07/18/jinhae-gunhangje-festival-bunga-sakura-terbesar-di-korea/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *